PANGGILAN TERBUKA: PHOTO-DEMOS CHALLENGE

Batas waktu 30 Desember 2020 pukul 24:00 WIB

Tantangan bagi kamu -fotografer dan visual storyteller– untuk mewujudkan kepedulianmu pada APA yang terjadi di lingkungan sekitar, komunitas terdekat dan negeri ini lewat karya! Ekspresikan pendapatmu tentang keadilan sosial lewat foto!

Program Photo-Demos mencari 3 (tiga) fotografer dan visual storyteller untuk mewujudkan gagasan abstrak atau mengembangkan proyek fotografi yang sudah berjalan menjadi narasi visual untuk dibagikan pada publik. Selama pembuatan proyek foto tersebut, kamu akan mendapatkan bimbingan dari mentor-mentor PannaFoto, dan mentor tamu (fotografer dan praktisi dari disiplin ilmu yang mendukung). Dalam pertemuan-pertemuan daring, kamu akan berproses bersama mentor dan peserta lain dalam menguatkan gagasan, memilih cara bercerita secara visual, diseminasi karya, advokasi menggunakan seni, dan beragam keterampilan yang mendukungmu mewujudkan tantangan ini.

Program ini menawarkan pendidikan dan pembiayaan proyek foto sejumlah IDR 12.000.000,- (dua belas juta rupiah) bagi setiap fotografer terpilih. Buah kerja kerasmu akan dipamerkan di Jakarta dan lokasi di mana kamu tinggal.

Tema

Kamu dapat mengajukan tema/ide cerita/isu yang kamu pilih sendiri, termasuk lokasi pemotretan. Kami menunggu proposal dengan gagasan-gagasan kuat dalam menyuarakan praktik-praktik penegakan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia disertai portfolio dengan pendekatan visual yang beragam.

Ketentuan:

  • Terbuka bagi fotografer dan visual storyteller, tidak ada batasan usia.
  • Warga negara Indonesia domisili di Indonesia.
  • Mendaftarkan diri dengan mengirimkan formulir pendaftaran dan mengikuti petunjuk di bawah ini.

Pendaftaran:

  • Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di sini.
  • Menuliskan proposal proyek foto usulan kamu; silahkan dibuat berdasarkan riset terlebih dahulu.
  • Portfolio maksimal 3 photo story masing-masing terdiri dari maksimal 36 foto, keseluruhan foto berjumlah maksimal 108 foto (format JPEG, sisi terpanjang 2000 pixel, 150 dpi, save at 8). Lengkapi photo story yang kamu kirimkan dengan teks pengantar, dan caption jika ada. Jika kamu ingin mengajukan cerita yang sudah kamu kerjakan, sertakan cerita tersebut dalam portfolio.
  • Menyertakan CV dan pas foto dalam bentuk digital (3 x 4 cm).
  • Mengirimkan semua persyaratan melalui WeTransfer ke info@photodemos.org cc ke photodemosid@gmail.com sebelum 30 Desember 2020 pukul 24:00 WIB. Jika kamu tidak menerima konfirmasi selama 3 (tiga) hari, silahkan DM @photo_demos atau kontak +62 857 8777 6922 (Asri).

Linimasa

30 Desember 2020
Panggilan Terbuka: Photo-Demos Challenge.

17 Januari 2021
Pengumuman 3 (tiga) proposal terpilih.

18 Januari – 30 April 2021
Mentorship pengerjaan 3 (tiga) proyek foto terpilih.

Mei-Juli 2021
Presentasi & diskusi daring oleh 3 (tiga) fotografer dan visual storyteller terpilih.

Agustus-September 2021
Pameran & Diskusi foto di Jakarta.

Oktober 2021-Maret 2022
Pameran foto & diskusi karya di 3 (tiga) lokasi domisili fotografer.

*Jadwal dan kegiatan akan mengikuti perkembangan pandemi COVID-19.

Pertanyaan dan keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi info@photodemos.org/DM @photo_demos atau kontak +62 857 8777 6922 (Asri).

 

Tiga Penerima Photo-Demos Challenge