“Our Songs from the Forest berlatar di Oligaun, Achham, sebuah desa di wilayah ujung barat Nepal. Foto seri ini menyuarakan praktik Chhaupadi. Setiap bulan, ketika perempuan tengah mengalami menstruasi, mereka harus menjalani ritual isolasi dan penindasan selama seminggu. Mereka dipaksa untuk tinggal di ‘Chhaugoth’ (gubuk bambu), kandang sapi, dan gubuk reyot karena mereka dianggap ‘tidak murni’ dan tidak tersentuh oleh masyarakat.

Read more

Meskipun praktik Chhaupadi dilarang pada tahun 2005 dan dikriminalisasi pada tahun 2018, tetapi praktik ini tetap dipertahankan, ditegakkan karena rasa takut yang mengakar akan dikucilkan oleh keluarga maupun komunitas, membuat marah para dewa, dan perubahan.

Di media arus utama, Chhaupadi sering dipandang sebagai tabu menstruasi yang ekstrim dan Chhaugoth sebagai lubang neraka. Tantangan saya dengan Our Songs from the Forest adalah membawa percakapan ini keluar dari Chhaugoth dan menciptakan ruang untuk narasi bagi para perempuan dan gadis yang mengalami konsekuensi traumatis dari tradisi ini, serta dampaknya dalam jangka panjang,” Uma Bista.

Read Less